Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Pendidkan Budi Pekerti Dalam Pembelajaran PKn Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu
Nama: Radia
Tahun: 2019
Abstrak
Radia, (2019). Penerapan Pendidkan Budi Pekerti Dalam Pembelajaran PKn Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah S.Pd, M.Pd, Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Upaya Penerapan pendidikan budi pekerti sebagai pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkat kesadaran siswa dalam pentingnya nilai nilai budi pekerti pada diri sendiri. Upayah dalam pemecahan tersebut adalah dengan adanya guru profesional dan kerja sama antara guru dan orang tua dalam menanamkan nilai nilai budi pekerti pada siswa. Data yang di kumpulkan melalui lembar observaasi dan wawancara pada guru kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Hasil penelitian pertama dengan mengamati siswa di dalam kelas seperti siswa sudah mampu berperilaku berakhlak mulia, jujur, tanggung jawab, menempati janji, di siplin waktu, berpakaian rapi, sopan santun,dan toleransi. dengan pengamatan tersebut siswa sudah dapat menerapkan budi pekerti di dalam kelas, kemudian pengamatan kedua peneliti melakukan pada guru kelas dengan menggunakan wawancara.Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan pendidikan budi pekerti dalam pembelajaran PKn sebagai pembentukan karakter siswa dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam berperilaku budi pekerti sangatlah penting dalam sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Kata kunci : Penerapan Budi Pekerti Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up