Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU
Nama: NINING SUGIARTI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nining Sugiarti, (2019). Hubungan metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Rizal Masalah dalam penelitian ini yaitu metode mengajar guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui hubungan antara metode mengajar guru terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah Siswa kelas V yang berjumlah 26 orang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari lokasi penelitian digunakan 1 teknik yaitu teknik deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang Hubungan antara metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan menggunakan persentase (%) kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan. Hasil belajar siswa, dilihat dari 26 siswa, terdapat 2 siswa atau atau 7,7% yang hasil belajarnya baik sekali, 16 siswa atau 61,5% yang hasil belajarnya baik dan 8 siswa atau 30,8% yang hasil belajarnya cukup, tidak ada seorang pun atau 0% yang hasil belajarnya kurang, dan tidak ada seorang pun atau 0% yang memiliki hasil belajar gagal. Untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan antara metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa maka dikonsultasikan pada taraf signifikan ? = 95?ngan kriteria pengujian yaitu apabila rhitung < rtabel> rtabel Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis korelasional yang dikonsultasikan pada taraf signifikan ? = 95% diperoleh rhitung > rtabel, atau 0,605 > 0,388. Artinya Ha (hipotesis alternative) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan antara metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Kata kunci : metode mengajar guru, hasil belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up