JudulHubunganKondisi Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Tondo |
Nama: LILA HAFITZHA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Lila Hafitzha, 2019. “HubunganKondisi Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanyahubungankondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Tondo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kondisi lingkungan sekolah di SDN Tondo termasuk dalam kategori tinggi, terdapat 6 siswa atau 20% yang menyatakan bahwa kondisi lingkungan sekolah sangat tinggi, dan sebanyak 24 siswa atau 80% yang menyatakan bahwa kondisi lingkungan sekolah tinggi. Sedangkan prestasi belajar siswa di kelas V termasuk dalam kategori baik sekali terdapat sebanyak 19 siswa atau 63,3% yang prestasi belajarnya mendapatkan predikat baik sekali dan 11 siswa atau 36,7% yang prestasi belajarnya mendapatkan predikat baik. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilair hitung>rtabel = 0,429> 0,361 pada taraf signifikasi 5% atau ? = 0,05. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan H0 (hipotesis non) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Tondo. Kata Kunci: Kondisi Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Siswa. |