JudulHubungan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo |
Nama: HILDAYANTI K.U HAMBALI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Hildayanti K.U Hambali, 2019. “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mengajar guru di SD Inpres 3 Tondo termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat 18 siswa atau 72% yang menyatakan kreativitas mengajar guru sangat tinggi dan 7 siswa atau 28% yang menyatakan kreativitas guru tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa di kelas IV termasuk dalam kategori baik terdapat 9 siswa atau 36% yang hasil belajarnya mendapatkan predikat baik sekali dan 16 siswa atau 64% yang hasil belajarnya mendapatkan predikat baik. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rhitung > rtabel = 0,575 > 0,396 pada taraf signifikasi 95% atau ? = 0,05. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan H0 (hipotesis non) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa. |