JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS 4 SDN 1 MAYOA |
Nama: ADRIAN KUREU |
Tahun: 2020 |
Abstrak Adrian Kureu, 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Metode Latihan di kelas IV SD Negeri 1 Mayoa. Proposal, mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing I Drs.Saharudin Barasandji, M.Pd Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan, Membaca Nyaring, Metode Latihan Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayoa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode latihan di kelas IV SD Negeri 1 Mayoa dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dilakukan sebayak dua siklus. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu, data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari aktivitas siswa dan aktivitas guru, dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Seorang siswa dikatakan tuntas belajar secar individual bila diperoleh persentase daya serap individual lebih dari atau sama dengan 70?n tuntas belajar secara klasikal bila diperoleh presentase daya serap klasikal lebih dari atau sama dengan 80%. Indikator keberhasilan penelitian tindakan ini apabila daya serap individual yang diperoleh siswa lebih dari atau sama dengan 70?n presentase daya serap klasikal lebih dari atau sama dengan 65%. |