JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS V SD NEGERI 4 PUSUNGI |
Nama: Anita Sriyanti |
Tahun: 2019 |
Abstrak Masalah utama dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini dikarenakan guru yang mengajar hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan pemberian tugas hal ini membuat siswa merasa bosan dan sering tidur dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V SD Negeri 4 Pusungi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas Kelas V SD Negeri 4 Pusungi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 66,66?n daya serap klasikal 65,27% menjadi 100% untuk ketuntasan belajar siswa dan 81,94% untuk daya serap klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 56,25?n pada pertemuan kedua mencapai 62,50?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama mencapai 78,13?n pada pertemuan kedua mencapai 87,50?ngan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 50?n pada pertemuan kedua 56,25?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama yaitu 75?n pada pertemuan kedua mencapai 90,63?ngan kategori sangat baik |