Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN 22 SINDUE
Nama: ULFIAWATI
Tahun: 2019
Abstrak
Rancangan penilitian mengg unakan model Kemmis dan Mc. Tanggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang dilaksanakan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 22 Sindue, tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standard KKM pada pelaksanaan tes awal. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dengan memberikan tes akhir, dan data kualitatif yang dikumpulkan dengan melakukan observasi sehingga dapat dianalisis dengan menghitung persentase daya serap klaksikal dan ketuntasan belajar klaksikal serta menggunakan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilaksanakan dua tahap yaitu: (1) pratindakan, dan (2) pelaksanaan tindakan yang diukur tingkat keberhasilannya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra tindakan diperoleh KBK sebesar 30?ngan DSI 36,36%, sedangkan pada siklus 1 KBK meningkat menjadi 75?ngan DSI 54,5%, sedangkan pada siklus 2 KBK 95?ngan DSI 95,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tindakan dapat diterima karena Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas V SDN 22 Sindue berhasil ditingkatkan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up