JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELAS V SDN 22 SINDUE |
Nama: RIRIN AGUSTINA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Ririn Agustina 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 22 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing(1) Arif Firmansyah. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian memperoleh informasi sebagai berikut: (1) Guru mengajarkan mata pelajaran IPS, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam interaksi belajar, sehingga siswa kurang termotivasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran kebanyakan ceramah tanpa membimbing bagaimana cara berdiskusi dan bertukar pikiran dalam memecahkan masalah. (3) Guru kurang membimbing mengembangkan dan mengenal konsep mata pelajaran IPS, sehingga membimbing guru tersebut siswa dapat membangun pemikirannya untuk menemukan konsep pada mata pelajaran IPS lebih rinci dan mudah untuk dipahami. (4) Guru juga mengajar IPS tidak memberikan keterhubungan antara materi dengan fenomena yang ada dilingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian untuk peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindaka, observasi dan refleks. Subjek penelitian siswa Kelas V SDN 22 Sindue berjumlah 22 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil kegiatan siswa siklus I, aktivitas siswa dalam pembelajaran masih dalam kategori cukup, sehingga pada siklus I pertemuan I diperoleh jumlah skor sebesar 21 dengan skor maksimal 35 dengn presentase yang diperoleh 60%, dan pertemuan kedua skor tercapai 51?ri skor maksimal 35 dengan presentase sebesar 65,71%. Hasil belajar siswa kelas V SDN Sindue pada tindakan siklus I diperoleh skor tertinggi 80 dan skor terendah 20 dari jumlah 22 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 12 siswa yang tuntas serta 10 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 40,90?n persentase daya serap klasikal 57,63%, kemudian hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Sindue pada siklus II diperoleh skor tertinggi 90 dan skor terendah 60 dari jumlah siswa 22 siswa yang mengikuti tes, dimna terdapat 19 siswa yang tuntas serta 3 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 86,36?n persentase daya serap klasikal. 7,772%. Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |