Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SD BK BAMBAKANINI
Nama: APREIL MERIKSON
Tahun: 2020
Abstrak
Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD BK Bambakanini. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan penerapan model cooperative script. Penelitian ini memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan Tindakan (c) Observasi (d) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD BK Bambakanini yang berjumlah 10 orang siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase Daya Serap Individu (DSI) siswa sebesar 63,5 %, Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 40 %, serta hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan I sebesar 55,76% serta pada pertemuan II 55,35?n hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 55,76% serta pertemuan II 60,71%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentasi Daya Serap Individu (DSI) siswa sebesar 80,5% serta presentase Ketuntasan Belajar Klasiskal (KBK) sebesar 80%, serta hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan I sebesar 65,38 serta pada pertemuan II 98,21?n hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 94,23% serta pertemuan II 98,21%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD BK Bambakanini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up