JudulUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DISDN 22 SINDUE |
Nama: MARRON CHARLES |
Tahun: 2019 |
Abstrak Marron Charles. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan SDN 22 Sindue. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusn Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing(1) Yun Ratna Lagandesa. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman dalam kemampuan membuat anyaman ketupat yang dimiliki siswa berbeda beda di Kelas IV SDN 22 Sindue pada materi Seni budaya dan Keterampilan. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat anyaman ketupat melalui metode Demonstrasi. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru tidak maksimal menggunakan model pembelajaran bervariasi yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan metode Demonstrasi dalam mengajarkan membuat anyaman di Kelas IV SDN 22 Sindue. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang mengacu pada model Suharsimi Arikunto. Dari hasil penelitian Siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 50?ngan jumlah seluruh skor perolehan siswa 1.409 serta hasil observasi aktivitas guru 52?n hasil observasi aktivitas siswa 50%. Sementara hasil penelitian Siklus 2 di peroleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,81?ngan nilai rata-rata 81,83% serta hasil observasi aktivitas guru 80?n hasil observasi aktivitas siswa 85,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa membuat anyaman ketupat di kelas IV SDN 22 Sindue Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Demonstrasi. |