Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sdn Inpres 1 Tomoli
Nama: MOH.ARIF
Tahun: 2019
Abstrak
Moh. Arif, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V Sdn Inpres 1 Tomoli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 1 Tomoli. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah metode mengajar yang kurang menarik, sehingga hasil kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Pada penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Tomoli. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terdiri dari 7 fase pembelajaran yaitu 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) penomoran, 4) mengajukan pertanyaan atau permasalahan, 5) berfikir bersama, 6) menjawab (evaluasi), 7) memberi penghargaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,96?ngan nilai rata-rata 69,96%. Hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 78,26% atau berada pada kategori baik dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 81,52% atau berada pada kategori sangat baik. Hasil siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada penelitian ini yaitu 70 dan Kriteria Belajar Klasikal yaitu 70%, sehingga di lanjut di siklus II. Pada siklus II persentasi ketuntasan klasikal sebesar 85,18?ngan nillai rata-rata 79,62 serta hasil observasi kegiatan guru sebesar 84,78% atau berada pada kategori sangat baik dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 89,18% atau berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan peningkatan hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres 1 Tomoli.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up