JudulMeningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Pada Mata Pelajaran SBK Dengan Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas IV Di SDN 1 Malei |
Nama: ULFA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Ulfa (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Pada Mata Pelajaran SBK Dengan Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas IV Di SDN 1 Malei. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Masalah utama sehingga dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam bernyanyi, hal ini di karenakan bahwa kurangnya inspirasi siswa sehingga sulit dalam bernyanyi. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut maka peneliti menerapkan metode latihan terbimbing ini bertujuan agar mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam bernyanyi. Desain penelitian ini mengacu pada langkah penelitian yang dikemukakan kemmis dan Mc Tanggar yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa SDN I MALEI yang tergabung dalam lagu wajib nasional dan lagu anak-anak dengan jumlah 6 laki-laki 11 perempuan. Setelah melakukan penelitian di peroleh data sebagai berikut bahwa tes awal siswa dalam bernyanyi diperoleh data dengan nilai rata-rata 67,71?n ketuntasan klasikal 53% sedangkan pada siklus 1 diperoleh data nilai rata 71,76?n ketuntasan klasikal 68,67% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa diperoleh 80,67?n ketuntasan klasikalnya 99,66%. Dengan melihat pada perkembangan penelitian ditiap siklusnya bahwa nilai siswa mengalami peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar bernyanyi siswa kelas IV SDN 1 MALEI. Kata kunci : Metode Latihan Terbimbing, Peningkatan Kemampuan |