JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 22 SINDUE |
Nama: Vika Angriani |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Vika Angriani (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 22 Sindue. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). Subyek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas V yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus yang dilakukan dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi hasil penelitian yang diperoleh. Pra tindakan dari 22 orang siswa hanya 7 siswa yang tuntas sehingga presentase ketuntasan klasikal mencapai 31,81?n daya serap klasikal mencapai 58,63%. Hasil siklus I persentase daya serap klasikal 70,45?n ketuntasan belajar klasikal 59,09%. Siklus II persentase daya serap klasikal 80,68?n ketuntasan belajar klasikal 90,90%. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 22 Sindue. Kata Kunci : Somatic, Auidtory, Visualization, Intellectually (SAVI), Hasil Belajar |