Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pembelajaran Inovatif Pada Mata Pelajaran PKn Pada Kelas V SDN 22 Sindue
Nama: CINANDYKA PRASASTI
Tahun: 2019
Abstrak
Cinandyka Prasasti, 2019. Analisis Pembelajaran Inovatif Pada Mata Pelajaran PKn Pada kelas V SDN 22 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Analisis tentang pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PKn pada Kelas V SDN 22 Sindue. Penelitiaan memperoleh informasi sebagai berikut : pembelajaran inovatif merupakan model pembelajaran yang kreatif dan unik yang cenderung melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran inovatif diciptakan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, kondisi lingkungan siswa, dan sarana-prasarana yang tersedia, sehingga lebih menantang dan mengairahkan siswa untuk belajar secara mandiri, serta mempermudah pencapaian tujuan belajar yang diinginkan. Jumlah dan ragam model pembelajaran inovatif sangat tidak terbatas tergantung dari kemampuan (kreativitas dan inovasi) guru dalam berkarya untuk menciptakan dengan melaksanakan pembelajaran PKn dengan berbagai inovasi dapat memberikan niai-nilai bangsa namun juga mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil angket disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas V menunjukkan bahwa dari jumlah 22 siswa terdapat 20 atau 90,90% siswa mengatakan pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn sangat baik, sedangkan 15 atau 68,18% mengatakan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PKn baik dan 1 atau 4,45% siswa mengatakan pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn cukup atau rendah atau sangat rendah. Kata Kunci : Pembelajaran Inovatif, pembelajaran PKn, Konteksual.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up