Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN DI KELAS III SDN PENGAWU
Nama: Winar
Tahun: 2019
Abstrak
Winar. 2019. “Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Paragraf Dengan Menggunakan Metode Pemodelan Di Kelas Iii Sdn Pengawu,”Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Efendi M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah melalui Metode Pemodelan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragrafdi kelas III SDN Pengawu. Tujuan penelitian ini meningkatkan ketrampilan siswa menulis paragraf di kelas III SDN Pengawu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi pratindakan dari 29 siswa, hanya 10 siswa yang tuntas individual dan 19 siswa tidak tuntas. Persentase ketuntasan klasikal hanya 34.4%. Hasil evaluasi siklus I menunjukan dari 29 siswa, hanya 19 siswa yang tuntas individual , dan 10 siwa yang tidak tuntas. Persentase kelulusan klasikal mencapai 65.5%. Hasil evaluasi siklus II menunjukan peningkatan sebesar 43.3?ri 41.3% menjadi 89.6%. Dari data diketahui bahwa dari 29 orang siswa telah terjadi peningkatan sebesar terdapat 26 siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Aktivitas guru meningkat menjadi 48.3 %. Dari 55.7% siklus I dengankriteriacukupmenjadi 94.2% pada siklus IIdengankriteriasangatbaik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemodelan dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis paragraf di kelas III SDN Pengawu. Kata kunci : keterampilan, menulis paragraf, metode pemodelan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up