Judul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Bermain Alat Musik Gitar Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas V SDN Betue |
Nama: MICHAEL JADERSON PARADA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Michael, 2020. Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya dan keterampilan bermain alat musik gitar melalui metode drill pada siswa kelas V SDN Betue, skripsi. Program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu pendidikan universitas tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilator belakangi oleh siswa yang rendah hasil belajarnya khususunya pada mata peljaran seni budaya dan keterampilan di SDN Betue. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang penelitiannya bersiklus dan menggunakan alur Kemmis dan Mc. Taggart, dengan empat tahap yaitu, rencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun setting penelitian menggunakan siswa kelas V yang berjumlah 14 orang, 9 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh di lapangan pada saat observasi awal 2 orang tuntas dan 12 orang tidak tuntas dan memperoleh ketuntasan belajar klasikal 12,28?n daya serap klasikal 43,21%. Hasil analisis terakhir pada siklus 1, dapat diketahui bahwa siswa masih belum terbiasa dengan metode drill dan juga masih ada sebagian siswa yang belum paham dengan materi yang diajarkan. Terlihat sebanyak 8 siswa dari 14 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Presentase daya serap klasikal yang diperoleh adalah 67,14%, sementara ketuntasan belajar klasikalnya 42,85%, sehingga kriteria ketutasan minimal belum memenuhi standar yaitu 70. Adapun hasil analisis akhir tindakan siklus II, siswa sudah mulai terbiasa dengan metode drill yang diterapkan, sehingga semua siswa sudah paham dengan materi yang diajarkan. Jumlah keseluruhan siswa 14 orang , banyak siswa yang tuntas adalah 13 orang dan 1 siswa yang belum tuntas, dengan peresentase ketuntasan belajar klasikal adalah 92,85%. Kata kunci : Metode drill terhadap hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan |