Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Pendekatan SAVI Dengan Media Alat Musik Pianika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SBK Materi Alat Musik Melodis Di Kelas IV Sdn Inpres 1 Kawatuna
Nama: NURULFALAH
Tahun: 2019
Abstrak
Nurul Falah (2019), Penerapan Pendekatan SAVI Dengan Media Alat Musik Pianika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SBK Materi Alat Musik Melodis di Kelas IV sdn inpres 1 kawatuna skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1): Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan SBK, serta mengetahui kemampuan pengolola pembelajaran dengan penerapan pendekatan Somatic Auditori Visual Intelektual (SAVI) pada siswa kelas IV sdn inpres 1 kawatuna penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV sdn inpres 1 kawatuna berjumlah 24 siswa. Hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan Somatic Auditori Visual Itelektual (SAVI) meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan SBK di kelas IV sdn inpres 1 kawatuna. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari tindakan siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 54,16?n daya serap klasikal 60,41% serta pada tindakan siklus II menjadi 87,5% tercapai ketuntasan belajar klasikal 70,20% tercapai daya serap klasikalnya. Hasil aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 56,25?n pada tindakan II mencapai 75?ngan nilai rata-rata (NR) 75% criteria cukup, sampai siklus II terjadi peningkatan pada tindakan I mencapai 75% serta pada tindakan II mencapai 93,75?ngan nilai rata-rata (NR) 80% criteria baik. Sedangkan pada aktivitas guru siklus I tindakan I mencapai 60?n sampai tindakan II 75?ngan criteria cukup, tahap siklus II terjadi peningkatan tindakan I dengan presentase 80?n pada tindakan II mencapai 90?ngan criteria sangat baik dengan nilai rata-rata 88,88%. Kata Kunci: Pendekatan SAVI; Hasil Belajar SBK.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up