Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna
Nama: SITI ZAINAB
Tahun: 2019
Abstrak
Siti Zainab, 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pemimbing : Arif Firmansyah Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal IPS masih rendah, hal ini karena pada saat mata pelajaran berlangsung siswa masih merasa takut dan malu bertanya tentang materi yang belum diketahui, ini dikarenakan pendekatan yang diterapkan guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) kurang kreatif dan masih monoton. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil ketuntasan klasikal yang dicapai pada tes hasil belajar siklus I sebesar 71,5% atau terdapat 20 siswa yang tuntas dari 28 jumlah siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan I diperoleh hasil sebesar 63,4?n pertemuan II mendapatkan hasil sebesar 71,7%, sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I juga terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan I diperoleh hasil sebesar 64,5?n pertemuan II diperoleh hasil sebesar 71,1%. Pada persentase ketuntasan klasikal siklus I diatas menunjukkan belum mencapai indikator keberhasilan belajar yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan penelitian pada tahap selanjutnya yaitu siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II lebih baik dari pada hasil siklus I, dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,9% atau terdapat 26 siswa yang tuntas dari 28 siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II yaitu pada pertemuan I diperoleh sebesar 86,7?n pertemuan II diperoleh sebesar 96,7%, sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus II yaitu pertemuan I diperoleh sebesar 82,9?n pertemuan II diperoleh sebesar 90,8%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 92,9?n rata-rata hasil belajar adalah 77,4. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up