Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja
Nama: Nurhaliza
Tahun: 2019
Abstrak
Nurhaliza (2019), Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Berdasarakan penelitian, peneliti merumuskan dalam judul penelitian “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja” penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sirenja dan aktifitas belajar siswa dikelas. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V SDN 22 Sirenja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas beberpa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dengan adanya data-data yang terkumpul dengan indikator batasan nilai hasil dan proses minimal sebasar 70. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil blajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes dari akhir siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 65,95?ngan presentase ketuntasan 47,6%, aktifitas siswa dengan nilai yaitu 51,11% sedangkan presentase aktivitas guru pada siklus I 54,44%. Pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 81,66?ngan presentase ketuntasan 80,95% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja denga nilai rata-rata aktifitas siswa 82,22?n presentase aktivitas guru 80?ri pelaksanaan siklus diatas ternyata ada peningkatan. Kesimpulan dari pelaksanaan tindakan kelas ini bahwa pemmbelajaran dengan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Sirenja tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Role Playing

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up