JudulPengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Talise Pada Mata Pelajaran IPS |
Nama: RIFALDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rifaldi, 2021. Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Talise Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Talise Pada Mata Perlajaran IPS. Rancangan Penelitian ini adalah quasi experiment Pretest-Posttest Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang Perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes pengamatan, lembar validasi ahli media, lembar tes esai siswa dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus penilaian ????=????????????????100. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa mengunakan menggunakan media pembelajaran audio visual adalah 75. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media audio visual. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa VI SDN 2 Talise Pada Mata Pelajaran IPS. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Pengaruh, IPS, Hasil Belajar. |