JudulPENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INPRES 3 TONDO |
Nama: Susilawati |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Susilowati. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Lingkungan Sebagai Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ratman Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan Tindakan (c) Observasi (d) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres 3 Tondo yang berjumlah 24 orang siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Individu (DSI) siswa sebesar 70,20%, Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 62,5% serta hasil observasi aktivitas guru sebesar 76,66?n hasil observasi aktivitas siswa sebesar 75,71%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Individu (DSI) siswa sebesar 75,83% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 83,33% serta hasil observasi aktivitas guru sebesar 84,44?n hasil observasi aktivitas siswa sebesar 74,28%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Lingkungan Sebagai Media Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, IPA. |