Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 Ujuna
Nama: YULIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Yuliana,. 2019. Hubungan Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 Ujuna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag.,M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Ujuna. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Ujuna. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan angket. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan rumus P =f/n x 100 ?n korelasi product moment. Sampel yang digunakan berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang kinerja guru dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi dimana dari 28 siswa yang menjadi responden, diperoleh 9 siswa atau 32,1% yang menyatakan kinerja guru kelas V SD Inpres 1 Ujuna baik sekali, 19 siswa atau 67,9% yang menyatakan kinerja guru kelas V SD Inpres 1 Ujuna baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa SD Inpres 1 Ujuna dilihat dari hasil belajar dimana dari 28 siswa yang menjadi responden, diperoleh 15 siswa atau 53,6% yang masuk dalam kategori hasil belajar sangat tinggi dan 13 siswa atau (46,4%) yang masuk dalam kategori hasil belajar tinggi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rhitung ? rtabel yaitu 0,859 ? 0,374. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa di SD Inpres 1 Ujuna.. Kata kunci : Kinerja Guru, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up