JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISIWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES TANJUNG BABIA KECAMATAN PASANGKAYU KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: Nursiang |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nursiang. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Tanjung Babia Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Ratman, dan Pembimbing (II) Abdul Rahman. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Tanjung Babia yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan dengan menerapkan Metode Demonstrasi. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Tanjung Babia Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, materi pada siklus I gaya mempengaruhi gerak dan pada siklus II yaitu gaya mempengaruhi benda. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap klasikal 58,33?n ketuntasan belajar klasikal 12,5%. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,70?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,76?rada pada kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,76?rada pada kategori cukup. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,35?rada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal 68,75?n ketuntasan belajar klasikal 50%. Hasil belajar siswa pada siklus II daya serap klasikal 81,66?n ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penenlitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 80% maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tanjung Babia. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi. |