JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 5 PALU |
Nama: Syarifa Aulia |
Tahun: 2019 |
Abstrak Syarifa Aulia, (2019) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN 5 Palu. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Project Based Learning di SDN 5 Palu tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVa SDN 5 Palu yang berjumlah 27 siswa dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang dan siswi sebanyak 15 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru, siswa dan tes akhir. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 62,10% (sedang) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,89% (baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 55,29% (kurang). Kemudian mengalami peningkatan juga pada pada siklus II dengan nilai sebesar 68,23% (baik). Tingkat ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 62,96% (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,77% (baik). Sedangkan nilai rata-rata tes akhir pada siklus I sebesar 70,74% (baik) dan pada siklus II masi dengan kategori yang sama (baik) 69,62?ngan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 5 Palu. Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Penerapan Model Project Based Learning |