JudulPeningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Materi Membaca Urutan Peristiwa Bahasa Indoesia Dengan Melakukan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Di SDN 15 Sindue |
Nama: Astuti |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Astuti. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD pada Materi Membaca Urutan Peristiwa Bahasa Indoesia dengan melakukan pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) di SDN 15 Sindue“. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Efendi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SD pada Materi Membaca Uruta Peristiwa Bahasa Indoesia dengan melakukan pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) di SDN 15 Sindue, desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc Thaggart dengan melalui empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian ini adlah seluruh siswa kelas V SDN 15 Sindue tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 12 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa siklus I nilai terandah adalah 4, jumalah siswa yang tuntas adalah 7 orang, ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 58,33%. Observasi aktivitas guru memperoleh hasil 65%, dalam kategori Kurang, observasi aktivitas siswa memperoleh hasil 61,11?lam kategori Kurang. Pada siklus II nilai terandah adalah 6, jumalah siswa yang tuntas adalah 11 orang, ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 91,67%. Observasi aktivitas guru memperoleh hasil 95%, dalam kategori Sangat Baik, observasi aktivitas siswa memperoleh hasil 88,89%, dalam kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Kelas V SD pada Materi Membaca Uruta Peristiwa Bahasa Indoesia di SDN 15 Sindue. Kata Kunci: Hasil Belajar, pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Bahasa Indonesia, Materi Membaca Uruta Peristiwa. |