Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENULIS RINGKASAN CERITA DI KELAS V SDN No.8 SINDUE TOBATA
Nama: Saniria
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Saniria, 2019 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Ringkasan Cerita Di Kelas V SDN No.8 Sindue Tobata (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Efendi, M.Pd. Judul penelitian ini adalah ; 1) Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Menulis Ringkasan Cerita Di Kelas V SDN No.8 Sindue Tobata ?, 2) Apakah Foktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peneran Mdel Pembelajaran Inkuiri Siswa Menulis Ringkasan Cerita Di Kelas V SDN No.8 Sindue Tobata ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Menjelaskan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Menulis Ringkasan Cerita Di Kelas V SDN No.8 Sindue Tobata. 2) Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Menulis Ringkasan Cerita Di Kelas V SDN No.8 Sindue Tobata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan informasi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian, maka data yang ada tidak dapat diwujudkan dalam bentuk angka-angka melainkan berbentuk suatu penjelasan yang menggambarkan keadaan, proses, dan evaluasi penerapan model pembelajaran inkuiri dalam menulis ringkasan cerita melalui observasi dan dokumentasi. Evaluasi menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis ringkasan cerita di kelas V SDN No.8 Sindue Tobata diketahui jumlah siswa 10 orang, 8 orang siswa atau 80% yang mendapat nilai sesuai KKM, yakni 75 atau di atas 75 yakni 3 orang yang belum mendapat nilai 80 (Tuntas), 5 orang mendapat nilai 80 (Tuntas), dan 2 orang yang mendapat nilai 70 (Tidak Tuntas). Selain model pembelajaran, media sebagai sarana juga memiliki faktor-faktor penting dalam menunjang kemampuan siswa menulis ringkasan cerita. Oleh karena itu, diperlukan sarana yang memadai dalam menunjang ketercapaian kemampuan belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Menulis Ringkasan Cerita

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up