Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN MADANI PALU
Nama: Setiawan Nawir
Tahun: 2019
Abstrak
Setiawan, 2019. “Analisis Penerapan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran IPS kelas V di SDN Madani Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu penerapan TIK dalam pembelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Va SDN Madani Palu yang berjumlah 22 siswa , 10 laki-laki dan 12 perempuan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai pendukungnya. Data kualitatif yaitu data yang sifatnya deskriptif, keterangan maupun informasi berupa angka. Dan data kuantitatif data yang berupa angka-angka dalam angket. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 22 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase jawaban sangat setuju sebesar 44.39%, sedangkan 46.79% menjawab dengan setuju, 8.29% menjawab kurang setuju, dan 0.53% menjawab tidak setuju. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan dari beberapa alternative indicator yang tersedia. Siswa lebih banyak memilih jawaban setuju dan paling sedikit menjawab tidak setuju. Hal ini berarti bahwa penggunaan TIK dalam pembelajaran sudah sesuai dengan apa yg diharapkan. Kata Kunci : Penerapan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajan IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up