JudulPeningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contexstual Teaching Learning ( CTL) Pada Materi Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Tanjung Padang |
Nama: FAHIRA TUNNISA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Fahira Tunnisa , 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contexstual Teaching Learning ( CTL) Pada Materi Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Tanjung Padang. Skripsi , Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu, pembimbing (1) Drs. Efendi, M.pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan Contexstual Teaching Learning di SDN Tanjung Padang. Bentuk penelitian ini adalah PTK Rencana Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari : (1)Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan , (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjung Padangyang berjumlah 22 orang siswa . Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan pendekatan Contexstual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 64,?ngan nilai rata-rata individu 67,69. Jumblah siswa yang tuntas 15 orang dan yang belum tuntas 7 orang.pada siklus ke II presentase ketuntasan klasikal 90,90?ngan nilai rata-rata individu 82,95%. Jumblah siswa yang tuntas 20 yang belum tuntas 2 orang. Presentase tingkat penguasaan individu pada siklus 1 yaitu 64% telah memenuhi indikator yang telah ditetapkan yaitu 67,69%., telah memenuhi indikator yang telah ditetapkan, yaitu 65% selanjutnya, presentase ketuntasan klasikal baru dicapai pada siklus ke II yaitu 90,90%. Hasil pencapaian ini telah mencapai bahkan melebihi indikator yang ditetapkan, yaitu 70%. Kata kunci : Metode Pembelajaran Contextual Teaching Learning. Hasil Belajar. |