JudulPeningkatan Kemampuan Siswa Mengarang Melalui Media Foto Di KelasV SDN 20 Sirenja |
Nama: WINDA LESTARI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengarang siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media foto di SDN 20 Sirenja. Kesimpulannya sebagai berikut: Hasil analisis kemampuan mengarang siswa pada siklus I, diperoleh rata-rata kemampuan mengarang siswa adalah 21.5?rada pada kategori kurang. Jumlah siswa yang memperoleh presentase 0-59?ngan kategori kurang sebanyak 15 orang, yang memperoleh 60-69% kategori cukup seanyak 4 orang, dan tidak ada yang memperoleh presentase skor 70-84% kategori baik maupun 85-100% kategori sangat baik. Hasil analisis observasi aktivitas guru dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 dan 2, diperoleh presentase rata-rata aktivitas guru sebesar 51.4?n 58.3?rada pada kategori cukup. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh rata-rata presentase sebesar 44.8?n 59.4% termasuk kategori cukup. Hasil analisis kemampuan mengarang siklus II diperoleh rata-rata adalah 94.7% pada kategori sangat baik. Tidak ada siswa yang memperoleh 0-59?ngan kategori kurang, presentase skor terendah adalah 60-69% kategori cukup sebanyak 1 orang, yang memperoleh presentase skor 70-84% kategori baik sebanyak 8 orang, dan yang memperoleh presentase skor 85-100% kategori sangat baik sebanyak 10 orang siswa. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II, pertemuan 1 dan pertemuan 2 observasi aktivitas guru diperoleh rata-rata76.4?n 97.2?ngan kategori sangat baik, dan hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh rata-rata 78.1?n 91.7% kategori sangat baik. |