JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Pada Siswa Kelas V SDN Bomba |
Nama: LIDYA ANGRIYANI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Lidya Angriyani (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Pada Siswa Kelas V SDN Bomba. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SDN Bomba Kecamatan Marawola. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bomba dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I siswa yang tuntas 8 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 47?n daya serap serap klasikal 71,47%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 57,5?n hasil observasi aktivitas guru sebesar 58%. Pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 16 orang siswa dengan presentase tuntas klasikal 94?n daya serap klasikal 86% . Hasil observasi siswa meningkat menjadi 92,5%. Dan hasil observasi siswa untuk aktivitas guru 93%. Berdasarkan daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80% pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Bomba Kecamatan Marawola. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Koperatif tipe Number Head Together (NHT) |