JudulPeningkatan Kemampuan Siswa Menentukan Pikiran Pokok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN Bomba Kecematan Marawola |
Nama: RENAREZKIAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rena Rezkiyah, 2019. Peningkatan Kemampuan Siswa Menentukan Pikiran Pokok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN Bomba Kecematan Marawola. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Efendi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pikiran Pokok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menetukan pikiran pokok pada siswa kelas IV SDN Bomba Kecamatan Marawola melalui penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dan menggunakan desain penelitian tindakan kelas, yaitu proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran kooperati tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa menentukan pikiran pokok dikelas IV SDN Bomba Kecematan Marawola dibuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, dengan nilai rata-rata pada siklus I 70,9 dan siklus II adalah 80 dan presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 66,66?n siklus II 90,47%. |