Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD DDI PARIGI
Nama: Windi Lestari
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Windi Lestari. 2019. Analisis Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD DDI PARIGI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ratman dan Pembimbing (II) Abdul Rahman. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, (2) mengetahui jenis lingkungan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan, dan (3) mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD DDI PARIGI sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut terlihat dari hasil presentase angket siswa, dimana siswa menyatakan bahwa 20 (100 %) responden siswa yang menyatakan pelajaran IPA menyenangkan, 12 (60 %) responden siswa yang menyatakan penyajian materi sesuai dengan buku pegangan siswa, 12 (60 %) responden siswa yang menyatakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar lebih menarik, 12 (60 %) responden siswa yang menyatakan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar dapat mendukung minat belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA dapat memberikan motivasi belajar pada diri siswa itu sendiri. Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan Alam, Sumber Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up