Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora
Nama: RISMA
Tahun: 2019
Abstrak
Risma. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Model Picture and Picture Pada Siswa kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Imu pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Saharuddin Barasandji. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian model Kemmis dan mc. Taggart terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi pada siklus I yaitu menulis karangan sederhana berdasarkan gambar sungai dan siklus II yaitu menulis karangan sederhana berdasarkan gambar bunga. Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap 55?n ketuntasan belajar klasikal 36%. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 53,84?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,69?rada pada kategori baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 54,16?rada pada kategori cukup. Pada siklus II kegiatan siswa memperoleh nilai rata-rata 83,33?rada dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I daya serap klasikal 64,66?n ketuntasan belajar klasikal 52%. Hasil belajar pada siklus II daya serap klasikal 80,33?n ketuntasan belajar klasikal 88%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indilator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 75% maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora. kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia.Model Pcture and Picture dan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up