Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Insan Kamil Ampibabo Kecamatan Ampibabo
Nama: NOVITA SARI
Tahun: 2019
Abstrak
Novita Sari, 2019. “Hubungan Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Insan Kamil Ampibabo Kecamatan Ampibabo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Insan Kamil Ampibabo yang berjumlah 24 siswa, 10 laki-laki dan 14 perempuan, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumupul diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial sebagai pendukungnya. Analisis deskriptif yang meliputi distribusi frekuensi dan persentase, keterangan maupun informasi berupa persentase. Dan analisis inferensial yaitu untuk mengetahui hipotesis diterimah atau ditolak. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa 24 siswa terdapat siswa 17 siswa atau 70,8% yang menyatakan kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar sangat baik, sedangkan 7 siswa atau 29.1% yang menyatakan kemampuan guru dalam mengelola kelas baik. Adapun hasil belajar siswa 1 atau 4% yang mendapatkan hasil belajar sangat baik, dan 23 siswa atau 96% yang mendapatkan hasil belajar sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa guru kelas III memiliki kemampuan yang sangat bagus sehingga hasil belajar siswa sangat meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Guru Mengelola Kelas, Hasil Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up