Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas III SD Inpres 2 Talise.
Nama: NILUH LELYAWATI
Tahun: 2019
Abstrak
Niluh Lelyawati, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Metode Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Inpres 2 Talise.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan di terapkan pada siswa kelas III SD Inpres 2 Talise dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil belajar siklus I diperoleh persentase tuntas klasikal 48?n siklus II yaitu 86%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 66,6% dikategorikan baik dan siklus II yaitu 90% dikategorikan sangat baik. Sedangkan Hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 68,3?n siklus II yaitu 80% dikategorikan sangat baik.. Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa di kelas III SD Inpres 2 Talise. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up