JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres 2 Talise |
Nama: Sri Purnamaningsih L |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantu media audio visual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Inpres 2 Talise. Sampel penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Inpres 2 Talise yang berjumlah 32 orang dengan 12 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tingkat pencapaian aktivitas guru di siklus I skor 29 dengan kategori baik dan siklus II skor 35 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas peserta didik di siklus I skor 22 dengan kategori baik dan siklus II skor 27 dengan kategori sangat baik. Tingkat ketuntasan belajar klasikal peserta didik siklus I adalah 56,25?n siklus II sebesar 84,37%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 69,37 dan pada siklus II 74,37. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Inpres 2 Talise. |