JudulPENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 MAYOA |
Nama: WAYAN ADIANO |
Tahun: 2021 |
Abstrak Wayan Adiano (2019). Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas V SDN 5 Mayoa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model example non example dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa di kelas V SDN 5 Mayoa ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dikelas V SDN 5 Mayoa, yang melibatkan 18 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Dari hasil penelitian Pada tes awal tuntas klasikal tes di peroleh 3 orang siswa (12%) dan yang belum tuntas 16 orang siswa (88%). Untuk tes akhir siklus I tuntas klasikal diperoleh 11 orang siswa ( 78%) dan belum tuntas 7 orang siswa (22%). Untuk tes akhir setelah siklus II tuntas klasikal diperoleh 16 orang siswa (92%) dan yang belum tuntas mencapai 2 orang siswa (8%). Maka hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran Seni Budaya dengan menggunakan model example non example di kelas V SD Negeri 5 Mayoa dinyatakan berhasil dan mengalami peningkatan. Kata kunci : Hasil Belajar siswa dan Model Example Non Example. |