Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN PEMBINA LIANG
Nama: Astomo A. Moidady
Tahun: 2019
Abstrak
Astomo A. Moidady 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas IV SDN Pembina Liang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing (I) Supriyatman, Pembimbing (II) Abdul Rahman. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Pembina Liang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran group investigation di kelas IV SDN Pembina Liang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal nilai rata-rata siswa 53,84 dan ketuntasan belajar klasikal 15,38%. Hasil penelitian, aktivitas guru siklus I berada pada kategori kurang dengan presentase 63,04% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,30% atau berada pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dengan presentase 60,86% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,86% atau berada pada kategori baik. Hasil tes tindakan siklus I menunjukan nilai rata-rata siswa 55,38 dan ketuntasan belajar klasikal 38,46. Hasil tes tindakan siklus II menunjukan nilai rata-rata siswa 83,84 dan ketuntasan belajar klasikal 92,30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pembina Liang. Kata kunci : Hasil belajar, IPA, Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up