Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN SBK MATERI SENI RUPA DI KELAS IV SD INPRES KALUKUBULA
Nama: Ine Febriyanti
Tahun: 2019
Abstrak
Ine Febrianti, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran SBK Materi Seni Rupa di Kelas IV SD Inpres Kalukubula. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran SBK Materi Seni Rupa di Kelas IV SD Inpres Kalukubula Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berbentuk siklus. tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Adapun lokasi penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Inpres Kalukubula di kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Pemberian tes, 2) Pengamatan (Observasi), 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Pembelajaran SBK dengan contexstual teaching learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN Tirtoadi yang dilaksanakan dengan II siklus dapat ditemukan hasil sebagai berikut. Ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kalukubula pada siklus I dan II. Sebelum tindakan rata-rata nilainya 69,4, pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata, menjadi 6,78. Dan setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 79,2 dengan presentase Ketuntasan Klasikal Siklus I sebesar 72 dan Presentase Ketuntasan Klasikal Siklus II sebesar 84. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran CTL, Mata Pelajaran SBK Materi Seni Rupa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up