Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD INPRES 008 LILIMORI
Nama: Ni Putu Wiwik Winarti
Tahun: 2019
Abstrak
Ni Putu Wiwik Winarti, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran STAD pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres 008 Lilimori. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan di terapkan pada siswa kelas V SD Inpres 008 Lilimori dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil belajar siklus I diperoleh persentase tuntas klasikal 52?n siklus II yaitu 84%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 68,33% dikategorikan baik dan siklus II yaitu 91,66% dikategorikan sangat baik. Sedangkan Hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 71,66?n siklus II yaitu 83,33% dikategorikan sangat baik.. Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa di kelas V SD Inpres 008 Lilimori Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up