JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETERAMPILAN BERBALAS PANTUN DI KELAS IV SDN 6 BANAWA SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK |
Nama: Mutmainnah |
Tahun: 2019 |
Abstrak Mutmainnah 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keterampilan Berbalas Pantun di Kelas IV SDN 6 Banawa Selatan dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick “. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Efendi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi keterampilan berbalas pantun di Kelas IV SDN 6 Banawa Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick, desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc Thaggart dengan melalui empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V IV SDN 6 Banawa Selatan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 15 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa siklus I nilai terandah adalah 40, jumalah siswa yang tuntas adalah 10 orang, ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 66,67%. Observasi aktivitas guru memperoleh hasil 66,67%, dalam kategori Baik, observasi aktivitas siswa memperoleh hasil 35,93?lam kategori Kurang. Pada siklus II nilai terandah adalah 70, jumalah siswa yang tuntas adalah 13 orang, ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 86,67%. Observasi aktivitas guru memperoleh hasil 83,33%, dalam kategori Sangat Baik, observasi aktivitas siswa memperoleh hasil 85,74%, dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar Kelas IV SD pada materi keterampilan berbalas pantun Bahasa Indoesia di SDN 6 Banawa Selatan. |