Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi Kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora
Nama: NIKI
Tahun: 2019
Abstrak
Niki, 2019 Penerapan Metode Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi Kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Efendi, M.Pd Tujuan penelitian ini untuk meninggkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 9 Sindue Tombusabora. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil belajar pada pratindakan yaitu daya serap 58,5?n ketuntasan belajar klasikal 36%. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 51,92?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,84 berada pada kategori baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 50?rada pada kategori cukup, pada siklus II kegiatan siswa memperoleh nilai rata-rata 84,09?rada pada kategori sangat baik. Hasil berajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal 65,75?n ketuntasan belajar klasikal 48%. Hasil belajar pada siklus II daya serap klasikal 75,25?n ketuntasan belajar klasikal 88%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 70% maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SDN 9 Sindue tombusabora. Siklus I terdapat 13 orang siswa yang belum tuntas membaca puisi karena siswa tidak serius dalam proses pembelajaran. Masih ada siswa yang bemain pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siklus II terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dalam membaca puisi Karena Siswa belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam membaca puisi didepan kelas. Siswa masih merasa malu dalam membaca puisi didepan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dari 25 orang siswa telah mengikuti tes pratindakan pada tanggal 20 februari 2019, hanya 9 orang siswa yang tuntas dan daya serap individu dengan ketuntasan klasikal 36%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 12% sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 48% disiklus I. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 40?ngan ketuntasan klasikal 88%. Kata kunci “ Pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode latihan dan kemampuan membaca puisi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up