Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStudy Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas IV SDN Tinombala SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong
Nama: ABDUL RAHMAN
Tahun: 2019
Abstrak
Abdul Rahman, 2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Sehubungan dengan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru Kelas IV SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Kelas IV SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Informasi penelitian ini adalah kepalah sekolah, guru kelas iv. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Data dianalisis melalui langkah- langkah pengumpulan data, penyajian, redaksi data, dan penerikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan pemahaman kompetensi pedagogik guru berupa karakteristik peserta didik, penyususnan RPP, evaluasi dan penelitian, teori belajar, pemahaman akademik peserta didik dalam pembelajaran. Pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran berupa pengamatan dan pendekatan kepada peserta didik, mengembangkan perangkat pembelajaran di awal tahun pelajaran, menggunakan strategi membuat diskusi tutor sebaya, pendekatan lingkungan dalam pembelajaran menggunakan media dalam proses pembelajaran, Teknologi dan Informasi dan komunikasi untuk pembelajaran, melakukan penilaian berupa tes tertulis, tes lisan , tes perbuatan, dan portofolio, kompetensi pedagogik di kelas IV SDN Tinombala dikategorikan baik meskipun ada beberapa komponen indikator kompetensi pedagogik yang belum sesuai dengan proses pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah memahami kompetensi pedagogik dalam proses pembelajarn di SDN Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Kata kunci : Study Analisis Kompetensi Pedagogik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up