JudulPeningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Bermain Drama Siswa Kelas V SD Inpres 3 Tondo |
Nama: Herlina Dona |
Tahun: 2019 |
Abstrak Herlina Dona Yakobus , 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Bermain Drama Siswa Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Skripsi , Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu, pembimbing (1) Drs. Efendi, M.pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Sosiodrama di SD Inpres 3 Tondo. Bentuk penelitian ini adalah PTK Rencana Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari : (1)Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan , (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 3 Tondo yang berjumblah 37 orang siswa . Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan metode bermain drama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil tes asai yang diberikan pada siklus 1 dimana diperoleh daya serap klasikal 56,52?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 60,86?n pada siklus ke II diperoleh daya serap klasikal 78,24?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 91,89?rdasarkan indikator kinerja penelitian , maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Metode Pembelajaran Sosiodrama, Hasil Belajar. |