JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDK Sakinah Jaya Desa Sakinah Jaya Kecamatan Parigi Utara |
Nama: FEBRIANTO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Febrianto, 2019, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDK Sakinah Jaya Desa Sakinah Jaya Kecamatan Parigi Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu, Pembimbing (1) Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay di Kelas V SDK Sakinah Jaya, Bentuk Penelitian ini adalah PTK. Rencana penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, terdiri dari : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDK Sakinah Jaya yang berjumlah 18 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil tes esai yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 44,44?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 52,22?n pada siklus II diperoleh daya serap klasikal sebesar 100?ngan prsentase ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa |