JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BOKAT KABUPATEN BUOL |
Nama: Yustika Y.Idris |
Tahun: 2019 |
Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya sumber belajar. Salah satunya media yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui media poster pada siswa kelas IV di SDN 4 Bokat Kabupaten Buol. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus sesuai model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari peningkatan hasil belajar. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 70,45% (baik) dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 86,35% (sangat baik). Hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh persentase sebesar 76,13% (baik) dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 88,63% (sangat baik). Hasil tes pada siklus I diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 64,70% (tidak tuntas). Pada siklus II diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 88,23% (tuntas). Berdasarkan kriteria dan indikator keberhasilan maka dapat disimpulkan bahwa media poster dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 4 Bokat Kabupaten Buol. |