JudulPengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SD Inpres Baru |
Nama: INDRIANI TANDE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Indriani Tande. Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SD Inpres Baru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Iskandar, M.Hum. Penelitian ini menguji Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SD Inpres Baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SD Inpres Baru. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang siswa, pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 1.560 dengan rata-rata 62,4, dan setelah diberikan perlakuan adalah 1.965 dengan rata-rata 78,6. Hal ini menunjukan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Perolehan nilai tersebut jika di masukkan ke dalam uji statistik t-score maka diperoleh nilai thitung yaitu 14,947. Jika thitung ini di konsultasikan ke ttabel dengan jumlah sampel 25 dan taraf signifikan 5% (?=0,05), db = 25 (N-1 atau 25-1), maka diperoleh nilai ttabel yaitu 1,711. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabeldengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model inkuiri, atau dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri pada hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Di SD Inpres Baru. Kata Kunci: Model Inkuiri, Hasil Belajar Siswa dan Mata Pelajaran IPS. |