JudulPENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 1 TANAMODINDI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN |
Nama: Anjas Amsar |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar individu sebesar 60,38?ngan kategori kurang, serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,31?ngan kategori sangat kurang. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar individu siswa sebesar 70?ngan kategori cukup, serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,76?ngan kategori baik. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada KBI terjadi peningkatan sebesar 9,62%, sedangkan KBK mengalami peningkatan sebesar 38,45%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. |