JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SDN POBOYA |
Nama: Citra Resmi |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Citra Resmi (2019) “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Poboya”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Make A Match ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn di SDN Poboya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Poboya dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada pra tindakan diperoleh ketutasan klasikal 35,48 % , dan daya serap klasikal 52,58%. Siklus I Presentase ketuntasan klasikal 70,96 ?n Presentase daya serap 69,35 ?n pada siklus II diperoleh Presentase ketuntasan klasikal 90,32?n Presentase daya serap 80,96 %. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Poboya. Kata Kunci : Model Make A Match, Hasil Belajar Siswa |