Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 2 PALU
Nama: NILUH RATNIASIH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Niluh Ratniasih,2020 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 2 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Arif Firmansyah. Kurangnya variasi model dalam pembelajaran dan penyampaian informasi yang terkesan menoton membuat siswa kurang merespon pelajaran, kurang aktif dan kreatif serta pengetahuan yang diperoleh mudah terlupakan sehingga tujuan pembelajaran pada mata pelajaran PKn tidak sesuai harapan dan berdampak pada hasil belajar siswa yang relatif rendah. Model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dalam proses pembelajaran siswa mempunyai keterlibatan langsung, dan bisa mengkaitkan pelajaran dengan kehidupan dunia nyata yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Palu dengan jumlah siswa 31 orang. Data dikumpulkan melalui Lembar aktivitas siswa dan aktivitas guru dan tes hasil tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,9?n persentase daya serap klasikal 75,8%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 93?n persentase daya serap klasikal sebesar 86%. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran PKn di kelas V SD Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up